Rabu, 11 Oktober 2023

Yuk ...bawa botol minum sendiri!

Membawa botol minum sendiri menjadi salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai, yang mudah dilakukan secara mandiri. Tidak hanya itu, ada banyak manfaat dari membawa botol minum sendiri. Misalnya, dapat meminimalkan mikroplastik, menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan dapat berhemat. Melansir dari laman Healthy Human Life, total ada 111 miliar botol plastik yang menjadi sampah. Bahkan, ada penelitian yang memperkirakan jika bakal ada lebih banyak plastik di laut dibandingkan ikan.


Nah, membawa botol minum sendiri ini mampu memberikan dampak yang cukup baik. Tidak hanya untuk lingkungan tapi juga tubuh. Jika Anda sedang bepergian, dan ternyata akses menuju lokasi cukup sulit, ditambah hari yang terik, tubuh memerlukan air untuk bertahan. Di sini, peran botol minum pakai ulang sangat penting. Begitu air habis, kita bisa mengisinya kembali tanpa harus membeli. Kabar baiknya, ada platform yang memudahkan kita mencari tempat isi ulang air minum. Ada yang menyediakan gratis, ada juga yang berbayar dengan biaya terjangkau. Namanya, Refill My Bottle. Di kota-kota besar di Indonesia, sudah dapat mengakses platform ini, seperti di Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya. Anda bisa mengakses peta online di website Refillmybottle.com atau mengunduh aplikasinya di gadget.

Botol air mineral kemasan yang dijual di pasaran memang praktis, tapi di balik itu ada hal-hal penting yang harus diketahui sebelum membeli. Kebanyakan botol air minum kemasan plastik terbuat dari jenis plastik PET, yang mana jenis plastik ini mengandung antimony trioksida. Ini adalah zat yang dianggap sebagai karsinogen. Seperti yang kita ketahui, karsinogen ini mampu menyebabkan kanker pada jaringan hidup. Terlebih, jika semakin lama cairan dibiarkan dalam botol plastik jenis PET atau PETE, semakin besar potensi pelepasan zat antimony tersebut. Selain itu, mikroplastik sudah menyebar hingga masuk ke dalam tubuh manusia.

Ada banyak jenis botol minum pakai ulang yang bisa digunakan untuk mengurangi risiko. Berikut beberapa tips memilih botol minum pakai ulang yang aman dan awet:

Pilih Bahan yang BPA Free

Bisphenol A (BPA) merupakan bahan kimia yang ditemukan pada jenis plastik tertentu. Bahan kimia ini cukup berbahaya bagi tubuh, terutama bayi dan janin yang belum lahir. Jadi, sebelum membeli botol minum pakai ulang, periksa apakah botol tersebut sudah bebas dari BPA. Tandanya, Anda bisa melihat logo yang terpajang di kemasan botol. Jika tidak,  bisa mencari tahu di internet soal merek botol yang hendak dibeli, bahkan bisa menghubungi costumer service produsen botol tersebut, jika memang perlu.

Tidak Harus yang Berbahan Plastik

Jika enggan mencari tahu soal bahan plastik yang digunakan dalam botol minum, bisa mencari alternatif lain yakni dengan botol kaca atau logam. Namun, Anda masih perlu memperhatikan kalau botol yang hendak dibeli sudah memenuhi persyaratan food grade. Jika  memilih logam, pastikan terbuat dari bahan baja tahan karat dan bukan alumunium. Sedangkan untuk bahan kaca, memang lebih aman dari segi bahan. Tetapi, kaca sangat rentan pecah, sehingga harus berhati-hati ketika menyimpannya.

Pilih Desain dan Volume yang Sesuai

Selain dua tips memilih botol minuman sesuai bahan di atas, Sobat Laksmi juga perlu memperhatikan desain dan volume botol. Sesuaikan dengan kebutuhan, dan tidak hanya berpaku pada desain yang lucu saja. Jika Anda kerap minum, bisa mencari botol yang berukuran besar, misalnya satu liter. Namun, jika ingin botol yang lebih praktis, bisa membeli botol ukuran 500 ml. Tak hanya itu, pastikan Anda membeli botol yang mudah dibawa dan tidak merepotkan, karena tujuan utamanya adalah membawa botol minum sendiri.

Perawatan Botol Minum Pakai Ulang

Tak kalah penting dari tips memilih botol minum pakai ulang di atas. Jika Anda ingin botol minum awet dan tetap aman, perhatikan juga perawatannya. Sebelum digunakan, disarankan untuk mencuci botol minum terlebih dahulu. Jika ANDA menggunakan botol minum berbahan plastik, jangan cuci dengan air panas, cucilah dengan air dingin biasa. Lalu, jangan terlalu lama membiarkan botol di bawah sinar matahari terlalu lama. Namun, jika Anda menggunakan botol minum berbahan lain, Anda bisa lebih bersantai karena perawatannya cukup dengan mencuci dengan air dan berhati-hati dalam pemakaian.

Yuk... bawa botol minum sendiri!



Semoga postingan : Yuk ...bawa botol minum sendiri! ada manfaatnya. Salam Bahagia 👍

Related Posts

0 2:

Posting Komentar