Kamis, 18 Agustus 2022

Apa itu Literasi Informasi?

Literasi informasi memiliki kaitan dengan teknologi informasi. Memiliki keterampilan terhadap teknologi informasi memungkinkan seorang individu untuk mengakses informasi menggunakan komputer, software aplikasi, database, dan teknologi lainnya. Keterampilan dalam teknologi informasi akan mempengaruhi dan mendukung literasi informasi. Literasi infomasi fokus pada konten, komunikasi, analisis, mencari informasi, dan evaluasi, sedangkan teknologi informasi berfokus pada pemahaman yang mendalam mengenai teknologi. Aktivitas dari literasi informasi akan lebih mudah dicapai dengan menggunakan teknologi informasi (Anonim, 2000).

Literasi informasi, seperti yang didefinisikan oleh American Library Association (ALA), merupakan kemampuan seorang individu untuk mengenali kapan informasi tersebut dibutuhkan serta untuk menemukan, mengevaluasi, efektif menggunakan dan mengkomunikasikan informasi dalam berbagai format. Literasi dirasa semakin penting dalam lingkungan kontemporer dan perubahan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat. Lingkungan yang cukup kompleks saat ini, membuat individu dihadapkan dengan beragam informasi yang ada di sekolah, tempat kerja dan juga dalam kehidupan seseorang. Informasi tersedia dari berbagai sumber seperti di perpustakaan, masyarakat, organisasi, media dan internet. Banyaknya sumber informasi yang diterima oleh individu-individu tanpa adanya filter menimbulkan pertanyaan mengenai keaslian, validitas dan realibilitas suatu informasi. Kualitas yang tidak pasti dan jumlah informasi yang cukup banyak menimbulkan tantangan besar bagi masyarakat. Banyaknya informasi bukan berarti dapat membuat masyarakat menjadi lebih baik jika tidak diimbangi dengan kemampuan untuk menggunakan informasi tersebut secara efektif.

Pada tahun sejak American Library Association (ALA) merumuskan definisi literasi, para peneliti menemukan pentingnya keterampilan literasi di berbagai lingkungan, tak terkecuali di bidang pertanian. Wang (2016) menambahkan bahwa tingkat literasi informasi suatu bangsa secara langsung berhubungan dengan pembangunan suatu negara. Dengan demikian, untuk hidup di era informasi seperti saat ini, dengan memiliki kemampuan literasi informasi yang baik, petani dapat memperluas akses luas terhadap informasi, memperkuat pertukaran informasi dengan dunia luar, dan memahami segala macam produksi dan informasi, dan meletakkan dasar yang kokoh untuk mencapai tujuan pembangunan secara menyeluruh.


Kemampuan untuk mendapatkan informasi perlu dimiliki oleh setiap orang, tetapi kemampuan tersebut berbeda-beda pada setiap orang. Tingkat kemampuan yang berbeda inilah yang menentukan kualitas dari informasi yang ditemukan atau produk informasi yang dihasilkan. Dalam dunia pertanian, petani perlu mengikuti perkembangan informasi untuk meningkatkan hasil budidaya pertaniannya. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Fortin dan Pierce (1998), melaporkan bahwa penyebaran literasi informasi yang memadai ke akar rumput terutama untuk petani akan meningkatkan produktivitas.


Menurut American Library Association (2000), orang yang memiliki literasi informasi adalah orang yang mampu:

  1. Menentukan tingkat informasi yang diperlukan
  2. Mengakses informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien
  3. Mengevaluasi informasi dan mengkritisi sumber informasi
  4. Memasukkan informasi yang dipilih ke dalam salah satu basis pengetahuan
  5. Menggunakan informasi secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu
  6. Memahami masalah-masalah ekonomi, hukum, dan sosial seputar penggunaan informasi, akses, dan penggunaan informasi dengan etis dan legal

Dalam penggunaan informasi, ada etika yang perlu diperhatikan. Di era perkembangan informasi yang begitu pesat saat ini, pengkonsumsi informasi harus memperhatikan beberapa hal, antara lain:
  1. Memiliki banyak perspektif
  2. Mengumpulkan dan menggunakan informasi dengan secara etis
  3. Menggunakan alat-alat sosial dengan aman dan bertanggung jawab
Sumber 
Semoga postingan : Apa itu Literasi Informasi? ada manfaatnya. Salam Bahagia 👍

Related Posts

0 2:

Posting Komentar