Minggu, 05 Maret 2023

E-Book Universal Design for Learning (UDL) Pendidikan inklusif Guru Belajar dan Berbagi BUKU PANDUAN E-Book Universal Design for Learning (UDL) Pendidikan inklusif Guru Belajar dan Berbagi

E-Book Universal Design for Learning (UDL) Pendidikan inklusif adalah salah satu buku materi yang terdapat pada Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif.
Apa itu pendidikan Inkklusif? Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik di semua jenjang yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

Bagi peserta yang mengikuti bimtek Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif pasti akan mendapat buku materi tersebut melalui Portal Layanan Program GTK Kemendikbud Guru Belajar dan Berbagi.


Namun pada kesempatan ini,  akan mengarsipkan dan membagikan buku tersebut, agar bapak dan ibu guru khususnya di semua jenjang juga dapat mengetahui isi dari E-Book Universal Design for Learning (UDL) Pendidikan inklusif tersebut.


Sekilas tentang E-Book Universal Design for Learning (UDL)
Dalam buku ini menjelaskan tentang bagaimana cara untuk mengelola pembelajaran dengan peserta didik yang beragam secara efektif, khususnya Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif maupun pada umumnya sekolah yang terdapat peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa.

Design for Learning (UDL) sendiri merupakan kerangka kerja bagi guru dalam merencanakan pembelajaran bagi peserta didik yang beragam.

Ketika guru ingin menerapkan kerangka Design for Learning (UDL) dalam menyusun rencana pembelajaran, maka guru dapat mengambil tahapan desain universal pada bidang arsitektur, serta
mengimplementasikannya dalam bidang pendidikan, seperti Advokasi, Akomodasi, dan Aksesibilitas.


Guna mengimplementasikan prinsip UDL ini dalam merancang pembelajaran, ada beberapa hal yang perlu guru lakukan yaitu:
  • Mengenali keberagaman peserta didik.
  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang mungkin menghambat pembelajaran.
  • Menganalisis potensi sekolah
  • Menentukan tujuan pembelajaran yang jelas
  • Menciptakan lingkungan yang dapat memotivasi peserta didik untuk belajar, fleksibel dan melibatkan semua.
  • Memanfaatkan semua potensi sekolah guna menyediakan berbagai representasi sumber belajar yang variatif sehingga dapat mengakomodasi keberagaman dari peserta didik.
  • Memberikan kesempatan yang beragam bagi peserta didik dalam proses penilaian dengan cara mengekpresikan setiap hal yang didapatkan/dipahami dalam pembelajaran
  • Membantu peserta didik untuk menjadi pembelajar yang mahir.

Download E-Book Universal Design for Learning (UDL) Pendidikan inklusif
Untuk itu,  Download E-Book Universal Design for Learning (UDL) Pendidikan inklusif Guru Belajar dan Berbagi.

Download E-Book UDL

Related Posts

0 2:

Posting Komentar