Minggu, 06 November 2022

Pembelajaran dengan LKPD Live-Worksheet

Kejenuhan belajar adalah sebagian yang membuat siswa bosan atau kehilangan motivasi belajar adalah karena pola pembelajaran dari guru yang memberikan tugas berupa latihan soal secara tertulis. 
Pada pembelajaran saat ini, guru perlu menemukan cara-cara baru dalam memberi penugasan kepada siswa, terutama penugasan yang dapat menarik perhatian dan rasa ingin tahu siswa.
Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Live Worksheet (www.liveworksheet.com)

Tampilan lembar kerja peserta didik (LKPD) Live Workshee akan menjadi menarik dan interaktif, seolah-seolah siswa sedang bermain game. Live Worksheet adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat materi dan LKS interaktif secara online. 

Kelebihan Live Worksheet 

Dengan Live Worksheet, guru dapat menampilkan materi berupa video, audio gambar, serta simbol-simbol menarik lainnya yang dapat menambah daya tarik. Guru dapat membuat LKPD interaktif pada Live Worksheet dengan bentuk pertanyaan bervariatif. Bentuk pertanyaan dapat berupa pilihan ganda dengan bentuk drop down, kotak centang, menjodohkan dengan menarik garis, pertanyaan bentuk drag and drop, membuat pertanyaan produktif, terbuka, atau imajinatif, dan bentuk lain sesuai kebutuhan dan keinginan, layaknya seperti soal ANBK  Bahkan, guru juga dapat memanfaatkan Live Worksheet yang udah tersedia dari berbagai mata pelajaran. Selain mudah dibuat, LKPD yang ditampilkan melalui Live Worksheet dapat disertai dengan kunci jawaban. Siswa dapat langsung memeriksa pekerjaan setelah menyelesaikannya. 

Cara Menggunakan Live Worksheet 

Untuk menggunakannya cukup mudah, 
  • kunjungi laman www.liveworksheets.com di browser. 
  • Kemudian klik 'Teacher Access' di bagian kanan atas. 
  • Lalu klik 'register/daftar'. 
  • Terakhir, lengkapi isian formulir pendaftaran sesuai data yang dimiliki. 
  • Selanjutnya adalah membuka e-mail yang telah didaftarkan. 
  • Buka e-mail masuk dari Live Worksheet lalu klik 'Tautan Aktivasi'. 
  • Masuk kembali ke laman Live Worksheet lagi dan klik 'Teacher Access'. 
  • Masukkan kembali alamat e-mail/username dan password-nya. 
  • Setelah masuk dengan akun yang telah diaktivasi, ubah setting-an yang diperlukan, seperti pilihan bahasa. 
  • Klik 'Make interactive worksheet' pada bagian menu kemudian 'Get Started' dan unggah LKPD yang telah dibuat. 
  • Sebelum mengunggah, pastikan LKPD dalam format .pdf atau .jpg. 
  • Perlu diperhatikan bahwa ukuran file maksimal adalah 5 MB. 
  • Modifikasi LKPD yang diunggah di format 'Interaktif'. 
  • Jika sudah selesai, LKS interaktif dapat ditinjau kembali. 
  • Ada dua pilihan untuk menyimpan file. Yaitu menyimpan dan membagikan LKPD untuk umum atau hanya untuk siswa kalangan sendiri. Jika ingin menyimpan dan membagikannya untuk umum, pengguna akan diminta melengkapi data terkait mata pelajaran, topik materi, kelas, perkiraan usia, dan jenis LKPD.
  • LKPD dapat juga di akses pada website/blog, dengan menyisipkan pada artikel blog.
Membuat Pertanyaan Terbuka Saya memanfaatkan Live Worksheet dalam pembelajaran Matematika dengan membuat pertanyaan terbuka. Contohnya pada materi SPLDV Grafik . Siswa disajikan gambar grafik garis dengan koordinat yang sebelumnya dibuat dengan aplikasi Geogebra.  

Siswa Menyenangi

Berdasarkan pengalaman pribadi, ketika memberikan Live Worksheet kepada siswa, saya merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini, terutama jam tatap muka cukup lama 3 x 40 menit, untuk mapel matematika.  Untuk pertanyaan tertutup, nilai akan muncul otomatis setelah siswa selesai mengerjakan. Siswa juga menyatakan sangat senang dengan penggunaan Live Worksheet untuk pemberian tugas. Para siswa berkomentar jika pengerjaan tugas seperti bermain game online.  Rupanya siswa sangat menyenangi cara pemberian tugas menggunakan Live Worksheet. Hal ini membuktikan bahwa tugas dapat menarik perhatian dan minat siswa bila diolah dan disajikan dengan cara yang berbeda. Pemanfaatan teknologi membuat tugas tidak membosankan saat dikerjakan. Dampak terbesar adalah siswa tetap termotivasi, melek,dan antusias  saat belajar.

Berikut Contoh Penggunaan LIVE-WORKSHEET

Menyelesaikan persamaan linear dua variabel dengan metode grafik

Semoga postingan : Pembelajaran dengan LKPD Live-Worksheet ada manfaatnya. Salam Bahagia 👍

Related Posts

0 2:

Posting Komentar