Kamis, 22 September 2022

Seri Semangat Guru 2 | Pre Asessment Empati dan Perencanaan Materi Pembelajaran

Seri Semangat Guru  2 | Pre Asessment Empati dan Perencanaan Materi Pembelajaran, adalah Soal Jawab Kuis Pre Asessment Empati dan Perencanaan Materi Pembelajaran pada Seri Semangat Guru 2 Kompetensi Nonteknis Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Adapun  Program ini dirancang untuk memberikan solusi peningkatan kemampuan nonteknis (soft skills) bagi para guru dan tenaga kependidikan, sebagai penunjang dalam implemetasi Kurikulum Merdeka.

Sebagai bahan referensi, dibagikan Kunci Jawaban Pre Asessment Empati dan Perencanaan Materi Pembelajaran Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru 2.

Soal & Kunci Jawaban Kuis Pre Asessment Empati dan Perencanaan Materi Pembelajaran


1. Memahami pikiran, perasaan dan tindakan orang lain merupakan definisi dari…
A. Peduli
B. Simpati
C. Empati
D. Antipati
Jawab : C


2. Saat bayi menangis ketika melihat bayi lainnya yang juga menangis, ini merupakan bentuk…
A. Empati global
B. Empati egosentris
C. Empati kognitif
D. Empati abstrak
Jawab : A

3. Anak memahami tentang nuansa emosinya dari pengalamannya berhubungan dengan orang lain disebut: …
A. Empati global
B. Empati egosentris
C. Empati kognitif
D. Empati abstrak
Jawab : C

4. “Dapat mengantisipasi situasi sehingga bisa menentukan sikap yang sesuai untuk ditampilkan”, merupakan…
A. Definisi Empati
B. Bentuk Empati
C. Manfaat Empati
D. Karakteristik Empati
Jawab : C

5. Hubungan interaksi pendidik dan peserta didik kurang baik.
Guru hanya fokus mengejar target pembelajaran.
Sekolah kurang dikenal.
Hal yang merupakan dampak dari ketiadaan empati dalam proses belajar…
A. Semua benar
B. 1 & 2 benar
C. 1 & 3 benar
D. Tidak ada yang benar
Jawab : C


6. Bagaimana mengasah empati?
A. Memahami apa itu empati
B. Menjadi pendengar yang baik
C. Semua jawaban benar
D. Tidak ada yang benar
Jawab : B


7. Apa yang perlu ada dalam aktivitas mendengar aktif?
A. Kerjasama
B. Saling membantu
C. Simpati
D. Transisi peran
Jawab : D

8. Mengulangi kembali pernyataan lawan bicara untuk mengkonfirmasi pemahaman, diistilahkan sebagai?
A. Parafrase
B. Transisi peran
C. Repetisi
D. Tidak ada yang benar
Jawab : A


9. Apa yang perlu dilakukan untuk mengaplikasikan empati di ruang kelas?
A. Kenali gaya belajar peserta didik
B. Gunakan metode pembelajaran yang sesuai
C. A & B benar
D. Tidak ada yang benar
Jawab : C

10. Menggunakan metode pengajaran yang banyak menggunakan contoh (analogi), sesuai untuk peserta didik usia…
A. Remaja (13 – 17 tahun)
B. Pra Sekolah ( 3 – 6 tahun)
C. Dewasa (di atas 17 tahun)
D. Semua benar
Jawab : B
Semoga postingan : Seri Semangat Guru 2 | Pre Asessment Empati dan Perencanaan Materi Pembelajaran ada manfaatnya. Salam Bahagia 👍

Related Posts

0 2:

Posting Komentar